Informasi Terkini

Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak

Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak
Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak
Perkembangan Balita - Sebagai orang tua, pernahkan anda mengalami kejadian tidak mengenakkan yaitu si kecil tiba - tiba mengamuk karena keinginannya tidak terpenuhi? Jika iya, apakah itu wajar?

Ledakan amarah yang dialami si buah hati merupakan hal yang wajar yang terjadi sebagai bentuk ekspresi rasa frustasi. Sebenarnya, perilaku menentang dan melawan serta sikap keras kepala pada anak, terutama balita, merupakan bagian alami dari peralihan ketergantungan total ke situasi mandiri.

Jika anak mencapai titik ini, berarti dia berada di luar kendali dan di luar nalar. Umumnya, begitu ledakan amarah di mulai, itu akan berlangsung selama beberapa waktu.

YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN ORANG TUA

Menyerah bukanlah respons yang tepat. Jangan sampai Anda mengubah keputusan yang sudah dibuat, hanya agar akan berhenti marah-marah. Jika kondisi  itu sedang terjadi, paling baik berikan anak istirahat sejenak.

Tinggalkan ruangan atau tempat dan coba abaikan apa yang sedang berlangsung. Kalaupun anak terlihat menahan napasnya, tidak perlu dicemaskan karena biasanya hal ini tidak berbahaya.

Jika si kecil marah-marah di tempat umum, bisa jadi pilihan untuk mengabaikannya tidak bisa diwujudkan. Mau tak mau Anda perlu melakukan sesuatu tindakan agar suasana emosional itu dapat mereda.

Orang tua bisa langsung bertindak cepat dengan memisahkan anak dari orang lain dan keramaian hingga dia bisa kembali menyesuaikan diri.

Nah, pembaca Perkembangan Balita, semoga topik di atas bisa bermamfaat bagi Anda semua sehingga mampu mengatasi hal yang serupa apabila hal tersebut Anda alami. Salam bahagia...terima kasih.

0 Response to "Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak"