Informasi Terkini

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Si Putri Kecil

 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Si Putri Kecil
 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Si Putri Kecil
Perkembangan Balita - Jika ditanya mengapa orangtua senang membimbing anak perempuan, mayoritas sepakat bahwa anak perempuan cenderung memiliki sifat yang lebih bisa diatur, lebih tenang dan bisa didandani. Tak dimungkiri di awal masa pertumbuhannya, anak perempuan cenderung lebih cepat bicara dan cepat mengekplorasi ketimbang anak laki-laki seumurnya.

Namun, saat sang putri kecil beranjak besar, sebagai orangtua Anda perlu membimbingnya dengan lebih cermat karena dia adalah mahkota emas yang perlu dijaga sekaligus dilatih kemandiriannya.

Sayangnya, anak perempuan punya masalah dengan kepercayaan dirinya. Ada fakta menarik yang ditulis Mary Pipher dalam buku Reviving Ophelia. Dalam buku tersebut tertulis jika dibandingkan anak laki-laki, biasanya lebih banyak anak perempuan akan tumbuh tidak percaya diri.

Di sisi lain, disadari atau tidak, kerap Anda memberikan perlakuan berbeda terhadap putra-putri Anda. Sering kali ayah dan ibu memberikan perhatian berlebih tanpa disadari terhadap anak yang lebih supel, ceriwis atau berprestasi.

Untuk itu, cobalah untuk lebih menaruh perhatian pada anak perempuan Anda. Berikan bimbingan, dukungan dan motivasi agar dia bisa menjadi individu yang lebih percaya diri di masa depan. BEBERAPA TIPS BERIKUT INI BISA MEMBANTU SI KECIL MENEMUKAN KEPERCAYAAN DIRINYA. 

1. BELAJAR TEGAS
Anak perlu belajar tegas kepada dirinya dan orang lain. Jika ada teman yang melakukan perbuatan tidak baik kepadanya, ajarkan si kecil untuk berani mengatakan ketidaksukaannya.

2. MENEMUKAN BENTUK TUBUH SEHAT
Jangan pernah mengecilkan kondisi fisik anak. Justru sebaliknya, Anda dapat memujinya tanpa berlebihan dalam momen-momen sederhana, seperti mengatakan tubuhnya bagus dan sehat seusai dia berolahraga atau berkata bahwa dia cantik setelah anak berganti pakaian untuk menghadiri acara keluarga.

3. BELAJAR BERKOMPETISI SEHAT
Jangan terlau cepat membantu anak Anda dengan pekerjaan rumah atau tugas sekolah. Jika si kecil merajuk minta dibantu, ajarkan dia untuk mencoba mengerjakan tugasnya sendiri untuk beberapa menit lagi.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga "Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Si Putri Kecil" di atas bermanfaat bagi Anda semua....salah bahagia

0 Response to " Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Si Putri Kecil"