Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi
Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi
Perkembangan Balita - Tiada hal lain yang dapat mengalahkan kebahagiaan orangtua ketika melihat buah hatinya tumbuh sehat. Sejatinya, mempersiapkan yang terbaik untuk si kecil sudah dapat dilakukan ayah dan ibu sejak dia masih dalam kandungan. Nah, salah satu hal terbaik yang dapat dipersiapkan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi bayi/anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menambahkan, kecukupan nutrisi, terutama pada dua tahun pertama kehidupan anak, adalah hal yang amat penting. Pasalnya, berbekal nutrisi yang optimal selama periode tersebut akan mampu menurunkan angka morbiditas dan mortalitas, mengurangi risiko penyakit kronis, dan mendorong tumbuh kembang anak secara keseluruhan lebih baik.

Sayangnya, hingga kini, faktor gizi buruk menyumbang porsi besar dalam kematian anak secara global, yaitu sebanyak 45 persen. Hingga 2012, WHO mencatat, 162 juta anak di bawah lima tahun diperkirakan memiliki pertumbuhan terhambat, dan 51 juta diantaranya memiliki berat badan kurang sebagai akibat dari pola makan buruk dan infeksi.

Di negara-negara yang didapati memiliki kasus balita bergizi buruk dalam jumlah besar, mendorong pemberian air susu ibu (ASI) dan makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat dapat mencegah sekitar 220 ribu jumlah kematian anak di bawah usia 5 tahun.

KECUKUPAN GIZI

Agar anak memiliki tumbuh kembang baik dan tercukupi kebutuhan nutrisinya, WHO dan Unicef merekomendasikan tiga tahap penting, yaitu inisiasi menyusui dini setelah satu jam kelahiran, ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan, dan mengenalkan MPASI bergizi dan memadai di 6 bulan dengan tetap terus memberikan ASI hingga 2 tahun atau lebih.

Tak pelak lagi, ketika buah hati Anda akan menginjak usia enam bulan, berikanlah makanan padat pertama dengan kecukupan nutrisi. Maklum, pada fase ini, kebutuhan nutrisi bayi semakin meningkat. Sementara itu, kandungan nutrisi pada ASI mengalami penurunan sehingga MPASI yang tepat adalah solusinya.

Setidaknya ada lima kebutuhan nutrisi bayi yang harus dipenuhi dari makanan sehari-hari agar dia bisa bertumbuh kembang optimal, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta air.

Selain itu, bayi memerlukan mikronutrisi harian yang bisa didapatkan dari sumber makanan. Sebagai contoh sumber makanan yang dapat memenuhi mikronutrisi bayi usia 7 – 23 bulan antara lain, 3 potong daging sapi (150 gr), atau 5 butir telur ayam (300 gr) untuk kebutuhan zat besi 8 miligram bisa didapatkan dari 5,3 potong labu kuning (530 gr). Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan vitamin A (400 RE) diperlukan sumber makanan berupa 2 ayam fillet (160 gr) atau 3 buah wortel (150 gr). Dengan kapasitas perutnya kecil, anak membutuhkan gizi yang setara dengan contoh semua makanan tersebut.

Nah, semoga informasi "Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi" di atas bisa berguna bagi pembaca Perkembangan Balita.

Comments