Informasi Terkini

Pemberian Nutrisi Bayi Yang Tepat, Bayi Tumbuh Sehat

Pemberian Nutrisi Bayi Yang Tepat, Bayi Tumbuh Sehat
Pemberian Nutrisi Bayi Yang Tepat, Bayi Tumbuh Sehat
Perkembangan Balita - Perkembangan bayi dalam 12 bulan pertama amat menakjubkan. Tak terasa bayi mungil Anda sudah berkembang menjadi bayi aktif dan lincah. Usianya pun kini genap enam bulan.

Selain semakin aktif, memasuki usia enam bulan, si kecil siap menerima makanan padat pertamanya. Di usia inilah, bayi Anda memiliki sistem pencernaan cukup optimal.

SIAP MAKAN

Tak disangka, bayi Anda pun mahir menunjukkan tanda bahwa dia makan makanan padat. Pertama, bayi sudah dapat menahan kepalanya dengan stabil dan dapat duduk jika disangga. Kedua, dia mulai menjangkau makanan dan menampakkan ketertarikannya terhadap makanan.

Tanda lainnya, dia membuka mulut jika melihat makanan. Si kecil tidak lagi  mengeluarkan lidahnya ketika menyusu. Artinya, ia sudah bisa menelan dan menyimpan makanan di mulutnya.demikian pula ketika bayi sudah bisa memalingkan kepala ketika kenyang, itu pertanda dia siap menerima makanan padat.

Sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemberian makanan pendamping ASI  (MPASI) yang tepat adalah saat usia enam bulan. Di usia tersebut, kebutuhan nutrisi bayi tidak hanya dicukupi Air Susu Ibu (ASI). Inilah waktunya dia mendapatkan MPASI karena kapasitas pencernaan dan kemampuan metabolism sudah siap menerima makanan selain ASI.

Bayi di tahap usia ini juga sudah mempunyai kemampuan kuat untuk belajar makan sendiri. Ketrampilan ini akan kian terlihat jika Anda dapat membimbing dengan membebaskannya berekspresi mengambil makanan dan memasukkannya sendiri ke dalam mulut atau ke mana pun hatinya menghendaki.

WAKTU TEPAT

Banyak studi kesehatan menjabarkan alasan untuk tidak memberikan MPASI sebelum enam bulan. Alasan utamanya adalah dapat menimbulkan gangguan sistem penyerapan makanan lantaran fungsi saluran cerna dan ginjal bayi belum sempurna. Jika hal ini terjadi, bisa memicu risiko kesehatan saluran cerna seperti diare.

Apabila terlambat memberikan MPASI, bayi bisa kekurangan gizi yang bisa berkomplikasi pada banyak gangguan kesehatan, terutama pada masalah sistem penyerapan makanan. Selain itu, keterlambatan pemberian MPASI potensial untuk terjadinya gagal tumbuh, defisiensi zat besi, dan gangguan tumbuh kembang.

Sebaliknya, pemberian MPASI terlalu dini juga dapat menyebabkan bayi tersedak karena bayi belum bisa mengunyah dan menelan dengan baik. Bahkan jika diberikan terlalu dini, bisa memicu risiko diare dan dehidrasi pada bayi Anda.

Agar anak mendapat asupan nutrisi tepat, para orang tua perlu memperhatikan konsistensi atau tekstur makanan. Tingkatkan tekstur dan variasi sesuai usia bayi. Sejak si kecil genap berusia 6 bulan, bayi telah mampu makan jenis makanan pure, saring dan setengah padat. Ketika dia berusia 12 bulan, anak Anda siap menerima makanan keluarga.

Pembaca Perkembangan Balita, semoga informasi "Pemberian Nutrisi Bayi Yang Tepat, Bayi Tumbuh Sehat" di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua...salam bahagia

0 Response to "Pemberian Nutrisi Bayi Yang Tepat, Bayi Tumbuh Sehat"