Informasi Terkini

Pentingnya Gizi Bagi Kecerdasan Anak

Pentingnya Gizi Bagi Kecerdasan Anak
Pentingnya Gizi Bagi Kecerdasan Anak
Perkembangan Balita - Kapasitas dan karakter seorang di kemudian hari ditentukan dari proses ia dibesarkan, termasuk kualitas gizi dan stimulasi yang didapatkan. PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI SECARA TEPAT, LENGKAP DAN SEIMBANG AKAN SALING MEMBERIKAN PENGARUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK SECARA KESELURUHAN, seperti terhadap tulang, penglihatan dan daya tahan tubuh bahkan otak sebagai organ kecerdasan.

Setelah melewati fase pemberian ASI, yaitu di atas dua tahun, orangtua harus menjaga agar nutrisi anak terpenuhi. Zat gizi penting yang perlu diberikan pada anak usia dini meliputi zat pembangun (protein hewani dan nabati), zat sumber tenaga (karbohidrat), zat penunjang membran sel berupa sumber lemak (susu, keju, kuning telur), zat pelindung berupa vitamin dan mineral, serta air sebagai nutrisi yang harus diberikan dalam porsi besar.

Gizi berperan penting agar tumbuh kembang anak menjadi optimal dari berbagai unsur yang mencakup kognitif, motorik, bicara dan bahasa serta sosial-emosional. Yang penting diketahui juga, gizi memenuhi kebutuhan energi uang dibutuhkan anak untuk mempersiapkan otak sebagai hardware dalam proses pencerdasan.

Cikal bakal otak sudah terbentuk pada minggu ketiga kehamilan berupa lempeng saraf. Kemudian, pada minggu keempat berubah menjadi tabung saraf. Lalu, pada minggu kelima kehamilan mulai terbentuk otak besar, batang otak, otak kecil dan  medulla spinalis. Oleh karena itu, asupan nutrisi tepat bagi anak sudah dimulai sejak ia di dalam kandungan.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga informasi tentang  Pentingnya Gizi Bagi Kecerdasan Anak di atas berguna bagi kita semua, semoga anak-anak kita menjadi anak yang cerdas yang berguna bagi nusa dan bangsa...Salam Bahagia

0 Response to "Pentingnya Gizi Bagi Kecerdasan Anak"