Informasi Terkini

Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri
Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri
Perkembangan Balita - Kemandirian diperlukan anak untuk bekal masa depannya. Salah satu cara mulai melatih kemandirian, yakni dengan mengajarkan  anak berani tidur sendiri.

Mayoritas orangtua sudah memahami manfaat hal tersebut. Sayangnya banyak orangtua belum "tega" meminta anaknya untuk tidur sendiri dengan bebagai alasan. Ketika masih bayi, biasanya orangtua merasa belum tepat mengajarkan si kecil tidur terpisah. Namun, kemudian akan menjadi dilema saat orangtua tidak dapat menghentikan kebiasaan anak tidur dengan mereka.

Untuk itu, cobalah menerapkan beberapa TIPS AGAR ANAK BERANI TIDUR SENDIRI berikut ini.

Sejak anak masih bayi atau batita, cobalah Anda membuatkan boks khusus sebagai tempat tidurnya.

Boks tersebut pada awal-awal usia bayi dapat ditempatkan satu ruangan dengan kamar tidur orangtua. Namun, setelah si kecil dirasa dapat dipantau dari jauh, Anda dapat memulai menempatkan boks di kamar yang kelak menjadi kamarnya.

Kemudian, buatlah area khusus di ruang tidur mereka. Mulai dari lemari pakaian, tempat mainan, hingga meja belajar bisa diletakkan di dalamnya. Agar anak semakin betah, tatalah kamar dengan menggunakan tema atau suasana sesuai dengan seleranya. Misalnya, jika anak menyenangi Donal Bebek, tokoh ini bisa menjadi karakter utama saat mendadani interior. Mulai dari warnanya hingga ornamen-ornamen yang terdapat di dalamnya.

Ajaklah anak untuk merasa bangga terhadap barang-barang yang dimilikinya di kamar tersebut. Tidak hanya rasa bangga diciptakan, tetapi mulailah mengajak si buah hati untuk turut membersihkan kamar dan perabotnya. Ini akan membentuk anak bertanggung jawab terhadap apa yang ada di dalam kamarnya.

Untuk orangtua yang dari awal sudah mempersiapkan kamar khusus anak, mulailah untuk membiasakan buah hati Anda tidur sendiri, terutama saat memasuki usia sekolah. Sesekali Anda tetap bisa menemaninya tidur untuk sementara waktu di kamar si kecil. Atau mengajaknya tidur bersama di kamar Anda sesekali waktu, misalnya saat akhir pekan. Hal ini berguna untuk menguatkan ikatan batin antara orangtua dan anak.

Membuat anak mau tidur sendiri bisa juga dilakukan dengan membuatnya bangga terhadap sikapnya untuk belajar mandiri. Caranya dengan menceritakan sikapnya yang sudah tidur sendiri dengan nada memuji di hadapan teman-temannya dan di tengah keluarga.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga artikel "Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri" di atas bermamfaat bagi Anda semua.  Salam bahagia....

0 Response to "Tips Agar Anak Berani Tidur Sendiri"