Informasi Terkini

Tumbuh Kembang Anak: Kenali Bakat Anak

Tumbuh Kembang Anak: Kenali Bakat Anak
Tumbuh Kembang Anak: Kenali Bakat Anak 
Perkembangan Balita - Pemantauan tumbuh kembang anak meliputi pemantauan dari aspek fisik, psikologi dan sosial. Orangtua dapat melakukan pemantauan sedini mungkin.

Istilah tumbuh kembang terdiri atas dua peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan ukuran, besar, jumlah atau dimensi pada tingkat sel, organ maupun individu. Pertumbuhan bersifat kuantitatif sehingga dapat diukur dengan satuan berat (gram, kilogram), satuan panjang (sentimeter, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen dalam tubuh).

Perkembangan (development) adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Perkembangan menyangkut adanya proses diferensiasi sel-sel, jaringan, organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya.

MENGEMBANGKAN BAKAT ANAK

Lalu, bagaimana hubungan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan bakat yang dimilikinya? Untuk mengarahkan bakat anak menjadi lebih jelas tentunya diperlukan peranan orangtua. Tak perlu menunggu hingga anak berusia sekolah untuk melihat bakat apa yang dimilikinya. Sejak fase golden age, orangtua dapat membantu mengarahkan dan mengembangkannya.

Namun, nyatanya hal tersebut sering kali belum dapat terlihat secara utuh. Oleh sebab itu, sebenarnya orangtua dapat mengembangkan bakat yang dimiliki anak melalui beberapa indikator seperti keterampilan motorik yang melebihi anak sebaya atau saudara kandungnya, kosakata yang dimiliki lebih banyak, kemampuan belajar yang lebih cepat dan ketertarikannya pada buku dan gambar yang tinggi, kemudian dibandingkan anak sebayanya, anak berbakat memiliki daya imajinasi yang tinggi dan selalu berinisiatif pada permainan baru, serta memiliki daya ingat yang baik dan mampu menemukan sisi humor yang tidak biasa.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semogo informasi "Tumbuh Kembang Anak: Kenali Bakat Anak" mampu membantu Anda untuk mengenali and mengembangkan bakat yang dimiliki anak Anda...salam bahagia selalu

0 Response to "Tumbuh Kembang Anak: Kenali Bakat Anak "