Informasi Terkini

Pola Makan Anak Yang Tepat Agar Sehat

Pola Makan Anak Yang Tepat Agar Sehat
Pola Makan Anak Yang Tepat Agar Sehat
Perkembangan Balita - Saat si kecil diare, orangtua acap menjadi resah. Anak pastilah menjadi rewel karena merasa tidak enak badan. Belum lagi jika diare disertai dengan muntah- muntah yang tidak kunjung henti. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya mulai saat ini, perhatikanlah pola makan si anak.

Anda bisa mengatur pola makan anak dengan tidak membiasakan anak jajan sembarang. Berikanlah bekal makanan yang bergizi dan lezat untuk anak agar anak tidak tergiur jajan. Ajarkan pula agar anak dapat memilih jenis makanan yang baik dikonsumsi mereka. Berikut ini jenis-jenis makanan yang sesuai untuk anak.

BUAH DAN SAYUR
Dua jenis makanan ini memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Kandungan serat di dalam makanan tersebut membuat anak terhindar dari risiko sembelit atau susah buang air besar. Sementara itu,kandungan vitamin dan mineral di dalamnya membuat anak tetap sehat.

KOMSUMSI AIR PUTIH
Anak-anak umumnya mempunyai tingkat aktivitas yang tinggi. Namun, tanpa sadar, banyak anak yang melupakan minum. Untuk mencegah dehidrasi dan sembelit, pastikanlah konsumsi air putih anak tercukupi. Perlu diingat, air putih hendaknya dibedakan dari minuman lainnya.

PEMBERIAN SUSU
Meskipun terbilang sehat, pemberian susu berlebihan juga tidak baik untuk anak. Berlebihan dalam mengonsumsi susu bisa membuat anak kekurangan zat gizi yang didapat dari jenis makanan lainnya. Selain itu, tidak semua anak bisa menerima susu yang umumnya berasal dari susu sapi. Untuk kasus intoleransi laktosa atau ketidakmampuan untuk mencerna laktosa dalam susu, sebaiknya anak mengonsumsi jenis susu yang tidak berasal dari susu sapi. Misalnya, susu kedelai.

SAJIAN SEGAR
Untuk kesehatan saluran cerna anak, hindari konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, atau penguat rasa berlebihan. Sebaliknya, berikan makanan segar tanpa pengawet untuk anak – anak.

JAGA KESEHATAN
Selain itu, bersihkanlah bahan makanan sebelum diolah atau dikonsumsi. Pastikan Anda telah mencuci sayuran dengan bersih sebelum dimasak. Kupas buah dan perhatikan kebersihannya. Ajarkan pada anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Dengan mengutamakan higienitas, kesehatan saluran cerna anak pun terjaga.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga informasi "Pola Makan Anak Yang Tepat Agar Sehat" di atas bermanfaat bagi Anda semua....salam bahagia.


0 Response to "Pola Makan Anak Yang Tepat Agar Sehat"