Informasi Terkini

Tips / Cara Anak Belajar Makan Sendiri

Tips / Cara  Anak Belajar Makan Sendiri
Tips / Cara  Anak Belajar Makan Sendiri
Perkembangan Balita - Masalah satu hal penting untuk menanamkan nilai kemandirian pada buah hati, yakni dengan mengajarkan dia belajar makan sendiri. Melalui proses ini, anak bisa semakin mengaktifkan kelima pancinderanya dan menumbuhkan rasa suka makanan secara alamiah sehingga dia tidak jadi pemilih.

Untuk itu, terus bimbing dan latih anak agar dia bertambah "pede" saat berupaya makan sendiri. Berikut ini beberapa langkahnya.

1. TEMPATKAN ANAK DI KURSI MAKAN ATAU HIGH CHAIR
Anak perlu mendapat kedisplinan. Selain tentang waktu makan yang teratur, si kecil perlu tahu bahwa makan harus di kursi makan dan menghadap meja. Bukan dilakukan sambil jalan-jalan dengan digendong atau berlarian ke sana-ke mari.

2. PAKAI PERLENGKAPAN SESUAI USIA ANAK
Dukung proses makan si kecil dengan menyediakan perlengkapan makan, seperti sendok, garpu piring dan gelas dalam bentuk lucu, berwarna-warni dan berukuran imut. Ajarkan anak untuk makan dengan mengenakan perlengkapan itu untuk melatih keterampilan motoriknya, bukan dengan tangan.

3. DAMPINGI SI KECIL
Meski anak belajar makan sendiri, setidaknya dia tetap perlu bimbingan orangtua. Dampingi anak dengan menciptakan suasana yang nyaman dan hangat, misalnya mengajaknya mengobrol, sekaligus menemaninya makan sambil duduk di samping atau berhadapan.

4. VARIASIKAN MAKANAN BERGIZI SEIMBANG SETIAP HARI
Orangtua perlu berekplorasi untuk menyajikan makanan anak yang sehat dan variatif. Kreasikan menu si kecil dengan bentuk dan warna-warni lucu yang menggugah selera makan.

5. KOTOR ITU BAIK
Risiko anak belajar makan sendiri, yakni meninggalkan banyak noda atau ceceran kotoran di meja dan lantai. Namun, tak perlu kesal, karena hal itu menjadi proses pembelajaran yang baik. Ingatlah proses ini penting dilakukan sejak kecil karena akan berguna bagi kemandiriannya di masa depan.

Nah, pembaca Perkembangan Balita, semoga informasi "Tips / Cara  Anak Belajar Makan Sendiri" di atas bisa bermanfaat sehingga anak-anak kita menjadi anak yang mandiri...salam bahagia

0 Response to "Tips / Cara Anak Belajar Makan Sendiri"