Informasi Terkini

Cara Agar Anak Nyaman Tidur di Kamarnya Sendiri

Cara Agar Anak Nyaman Tidur di Kamarnya Sendiri
Cara Agar Anak Nyaman Tidur di Kamarnya Sendiri
Perkembangan Balita - Belajar tidur di kamar sendiri bukanlah perkara mudah bagi buah hati. Terpisah dari orangtua berusaha memejamkan mata di tempat tidur sendiri, kerap menimbulkan imajinasi seram yang membuat anak memilih kemabli tidur bersama ayah dan ibu.

Untuk itu, cobalah menerapkan beberapa tips berikut CARA AGAR ANAK MERASA NYAMAN TIDUR DI KAMARNYA SENDIRI.

1. BUATLAH KEBIASAAN MENJELANG TIDUR
Caranya dengan mandi air hangat, mengenakan piyama, menggosok gigi dan membacakan cerita sebelum tidur. Dampingi si kecil dalam menjalankan kebiasaan sederhana ini. Upayakan rutinitas ini dilakukan pada jam ynag sama setiap harinya. Niscaya hal ini bisa mengurangi rasa takut dan cemas anak, serta memompa semangat untuk berani tidur sendiri.

2. HINDARI GANGGUAN
Matikan televisi, komputer dan perlengkapan eletronik lainnya untuk mendukung suasana kodusif agar dapat tertidur lelap. Jika anak terbiasa menonton televisi atau bermain video games sebelum tidur, itu akan menyulitkannya untuk cepat mengantuk. Sebagai gantinya, cobalah untuk menanamkan kedisplinan dan redupkan lampu kamar serta nyalakan lampu tidur yang bersinar temaram.

3. KURANGI KEHADIRAN ANDA
Ketika lampu kamar anak sudah dimatikan, berikan pelukan dan ciuman hangat di keningnya untuk mengucapkan selamat tidur. Tak perlu menunggu sampai si kecil terlelap. Hal ini penting untuk mengajarkan kemandirian anak sekaligus menjelaskan bahwa Anda juga memerlukan waktu istirahat di kamar yang terpisah dengan buah hati.

4. BUATLAH RANJANG TIDUR NYAMAN DAN AMAN
Jika si kecil menggunakan boks untuk ranjang, pastikan jarak antara jeruji tidak lebih dari 5 sentimeter. Ini penting untuk menghidari kemungkinan terjepitnya kepala anak. Pastikan pula tidak ada bagian tajam dari mainan yang ada di tempat tidurnya yang bisa melukainya.

Nah, pembaca Perkembangan Balita,  semoga informasi "Cara Agar Anak Nyaman Tidur di Kamarnya Sendiri" di atas bisa bermanfaat....salam bahagia.

0 Response to "Cara Agar Anak Nyaman Tidur di Kamarnya Sendiri"