Informasi Terkini

Pola Asuh Anak: Selalu Mengabulkan Keinginan Anak

Pola Asuh Anak: Selalu Mengabulkan Keinginan Anak
Pola Asuh Anak: Selalu Mengabulkan Keinginan Anak
Perkembangan Balita - Sebagai orang tua, mereka cenderung memenuhi semua permintaan anak, entah berupa benda fisik seperti uang, keinginan dibelikan sesuatu, maupun permintaan lainnya, seperti keinginan digendong dan dipeluk. Apabila segala permintaan anak selalu dikabulkan, hal ini tentunya merupakan pola asuh anak yang salah.

Di bawah ini kami sampaikan TAHAPAN POLA ASUH ANAK YANG SALAH DARI ANAK LAHIR SAMPAI UMUR 12 BULAN. 

USIA 0-12 BULAN : TAK TAHU BAHAYA
Usia ini adalah masa eksplorasi. Bayi berusaha mencari benda yang lebih jauh, binatang, dan segala hal yang baru dikenalnya. Perlu diingat bahwa tidak semua benda itu aman, seperti stop kontak listrik. Jadi bila semua kemauan bayi selalu dituruti, sangat mungkin si bayi tak mengenal hal-hal yang berbahaya di dalam lingkungannya. Ia pun tidak tahu jika barang tertentu harus dijaga karena bernilai tinggi. Seperti contohnya handphone yang seenaknya dimainkan sampai rusak.

YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN ORANG TUA: 
Sedini mungkin kenalkan mana saja hal yang berbahaya dan mana yang tidak. Contohnya pada saat bayi bermain-main dengan kabel atau serangga yang berbahaya, larang dan jelaskan hal itu berbahaya. Selain itu jauhkan barang-barang berharga dari jangkauan bayi. Jikapun ingin dikenalkan, arahkan dan dampingi agar barang itu tak sampai rusak.

USIA 1-2 TAHUN : KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERHAMBAT
Keterampilan berbahasa anak boleh jadi kurang terasah karena ia bebas menunjuk sesuatu tanpa mengatakannya. Contohnya saat ingin minum, ia hanya menunjuk gelas dan tak bilang mau minum. Ia pun tidak tahu arti kepemilikan. Ia menganggap semua barang yang dilihat adalah miliknya. Apalagi di usia ini ego anak sangat tinggil. Bisa jadi sifat ini akan terbawa hingga besar. Ia pun akan sulit bergaul dengan teman-temannya.
 
YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN ORANG TUA:
Ajari arti kepemilikan, mana saja barang miliknya dan mana milik orang lain. Jelaskan agar ia minta ijin sebelum menginginkan barang milik orang lain.

Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga tips pola asuh di atas bisa bermamfaat bagi Anda semua dalam mengasuh anak. Terima kasih dan salam bahagia.


0 Response to "Pola Asuh Anak: Selalu Mengabulkan Keinginan Anak"