Informasi Terkini

Tips Mengasuh Anak Sehingga Memiliki Kreativitas Dan Kepribadian Yang Kuat

Tips Mengasuh Anak Sehingga Memiliki Kreativitas Dan Kepribadian Yang Kuat
Tips Mengasuh Anak Sehingga Memiliki Kreativitas Dan Kepribadian Yang Kuat
Perkembangan Balita - Sebagai orang tua, kita akan selalu berharap bahwa anak-anak kita nantinya akan menjadi "orang". Maksudnya di sini menjadi orang yang berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat sekitar, dan bangsa. Hal ini tentunya tergantung pada cara kita dalam menerapkan pola asuh yang tepat pada anak-anak kita. Sudahkan Anda memberikan pola asuh yang tepat pada anak? Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam mengasuh anak.

Adapun TIPS DALAM MENGASUH ANAK adalah sebagai berikut:
  • Berikan kasih sayang kepada anak secara tulus hati, berkelanjutan, dan nyata sehingga anak benar-benar merasakannya.
  • Tanamkan sikap disiplin yang membangun (tidak serta merta membatasi) sebagai pedoman anak dalam berperilaku, sehinnga ini akan melatih anak dalam mengendalikan diri dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.
  • Sediakan waktu untuk bermain bersama dengan anak, berekreasi, diskusi, belajar, bermain dan sebagainya.
  • Tanamkan nilai-nilai yang berlaku dalam lingkungan keluarga, masyarakat di mana kita berada, dan budaya bangsa. Dengan demikian anak akan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya dengan baik.
  • Tanamkan sikap saling hormat menghormati dalam hubungan antar individu dan masyarakat . Orang tua yang menunjukkan sikap menghargai dan hormat pada anak, akan merangsang anak untuk menghargai dan menghormati orang tua maupun orang lain.
  • Pahami keterbatasan anak. Setiap anak pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sebagai orang tua berusahalah jangan menuntut di luar kemampuan anak dan hindari sikap membanding-bandingkan anak dengan anak yang lainnya.
  • Ajarkan dan tanamkan nilai-nilai agama dan budi pekerti dalam kehidupan anak sehari-hari. Salah satu cara paling baik adalah dengan memberikan contoh.
  • Selalu bersikap demokratis contohnya apabila anak menyampaikan pendapatnya, dengarkan dan beri perhatian, berusahalah jangan menyela menyela dan mempengaruhinya. Sikap demokratis seperti ini, anak merasa pendapatnya dihargai karena dia mampu menyampaikan perasaan yang ia miliki dan ini akan membantu semakin eratnya hubungan orang tua dan anak.
  • Apabila anak mempunyai masalah, orang tua bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Ajaklah anak untuk berdikusi tanpa memaksakan pendapat Anda. Orang tua hendaknya bisa memahami masalah berdasarkan sudut pandang anak dan berikan beberapa saran ataupun pendapat,sehingga anak memperoleh masukan dan  mendorong anak memilih solusi yang terbaik sesuai dengan keadaannya.
  • Ajar and latihlah anak untuk mengenal dirinya sendiri dan lingkungan di sekitarnya. Bagaimana melatih anak agar bisa mengontrol dan menyalurkan emosinya sehingga hal ini tidak akanmenyakiti dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan di mana dia berada.
  • Kembangkan kemandirian anak dengan merangsang inisiatifnya dan memberikan kesempatan mengerjakan sesuatu untuk keinginan sendiri sepanjang tidak bertentangan dengan norma masyarakat.
Nah, para pembaca Perkembangan Balita, semoga tips dalam mengasuh anak di atas bisa bermamfaat bagi kita semua dalam memberikan pola asuh yang tepat pada anak. Terima kasih.



0 Response to "Tips Mengasuh Anak Sehingga Memiliki Kreativitas Dan Kepribadian Yang Kuat"